SISFOMEDIKA

Health IT Solution And Innovation

Posted by gysanjaya@sisfomedika.com | June - 29 - 2013 | 0 Comment

Isu terhadap jaminan kesehatan semesta membuat berbagai pihak khawatir akan pembiayaan kesehatan di masa yang akan datang. Dengan premi yang sangat kecil (Rp.15.000,00) per orang per bulan, menyebabkan sejumlah pihak khawatir terhadap kecukupan biaya pelayanan kesehatan yang dikeluarkan. Dalam berbagai diskusi, BPJS akan menekankan pada pelayanan primer sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan. Berdasarkan banyak referensi di Inggris, Australia, German, Amerika dan banyak negara lainnya, pelayanan primer dapat menjaga konsistensi biaya kesehatan dan membantu peningkatan kualitas pelayanan kesehatan dengan memastikan continuing medical care bagi setiap pasien. Praktis pelayanan kesehatan akan banyak bergeser pada layanan primer.

Di beberapa kabupaten/kota, pelayanan primer dilakukan secara komprehensif dimana layanan umum (dokter layanan primer), layanan gigi, layanan obat dan beberapa layanan laboratorium sederhana dilakukan dalam sebuah fasilitas klinik. Dalam era BPJS, selain Puskesmas, klinik primer akan menjadi salah satu partner fasilitas kesehatan yang akan melakukan pelayanan kuratif pada peserta BPJS. Saat ini pun telah terbentuk asosiasi klinik indonesia (Asklin) yang turut berkontribusi dalam pelayanan kesehatan di Indonesia. Dengan demikian, praktis informasi pelayanan medis dan klinik akan diperlukan bagi BPJS maupun Asklin. Sistem informasi klinik berbasis elektronik menjadi penting untuk mengakomodasi kebutuhan administrasi dan tentunya pelayanan medis yang lebih baik dan lebih cepat.

Setelah bertahun-tahun mengembangkan sistem informasi kesehatan, PT Sisfomedika mengembangkan satu lagi varian SIM Klinik yang dinamakan SISFOKLINIK. SisfoKlinik merupakan aplikasi yang didesain khusus untuk mengakomodasi pelayanan di sebuah klinik. Aplikasi ini mencakup pelayanan administrasi pasien (pendaftaran), pelayanan medis (dokter umum dan dokter gigi), pelayanan farmasi (apotik) dan mekanisme pelaporan rutin seperti 10 besar penyakit, laporan penggunaan obat, laporan morbiditas dan lain sebagainya. Aplikasi ini dapat dilihat pada link berikut SisfoKlinik. Dengan adanya SisfoKlinik, sebuah klinik dapat melakukan perekaman data pasien secara terkomputerisasi sehingga memudahkan proses pelayanan pasien. Fitur rekam medis dapat digunakan untuk memantau performance pelayanan dokter, melakukan evaluasi mutu pelayanan, dan melakukan remunerasi staf dan tenaga medis. Modul manajemen logistik akan membantu tenaga farmasi dalam menghitung kebutuhan obat, melakukan pemantauan ketersediaan obat, bahkan sampai menilai kesesuaian penggunaan obat (mutu pelayanan).